Yamaha Bakal Uji Coba Motor Listrik Mirip NMax E01 di 6 Negara, Apakah Indonesia Termasuk?

Yamaha Bakal Uji Coba Motor Listrik Mirip NMax E01 di 6 Negara, Apakah Indonesia Termasuk?

YRFI MEDIA - Yamaha akan melakukan pengujian pada motor listrik mereka, Yamaha E01 dalam waktu dekat. Yamaha akan melakukan serangkaian tes proof of concept (PoC) sebelum memastikan motor tersebut akan diproduksi secara massal.

Tes POC dari Yamaha E01 ini akan dilakukan di 6 negara yakni Jepang, Eropa, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Di Indonesia, rasanya cukup menarik melihat spesifikasi dari motor Yamaha E01 ini apalagi mengingat bentuknya yang ternyata mirip dengan Yamaha Nmax.

Dalam acara pengenalan motor Yamaha E01, yang berlangsung Kamis, 21 April 2022, Engineer Project Leader Takuya Maruo tak membantah bahwa motor ini memang mengadopsi bentuk yang mirip Nmax.

"Panjang keseluruhan dari motor ini mencapai 1.830 mm yang sama dengan Yamaha N-Max," kata dia dalam webinar virtual. Selain itu, bentuk motor dari bagian samping juga memang tampak seperti Yamaha Nmax tapi tanpa menggunakan mesin.

Sebagai gantinya, motor ini menggunakan motor listrik yang ditenagai baterai lithium-ion sebagai penggeraknya. Dilihat dari samping memiliki bentuk seperti Yamaha Nmax, Yamaha E01 ini menggunakan tenaga listrik sebagai penggeraknya.

Yamaha E01 menggunakan motor listrik dengan baterai berkapasitas 4,9 kWh lithium-ion yang bisa menghasilkan tenaga pada motor mencapai 8,1 kW di 5.000 RPM dengan torsi maksimum 30,2 Nm di 1.950 RPM.

Dengan satu kali pengecasan saja, motor Yamaha E01 ini bisa melaju hingga jarak 130 kilometer. Selain itu penempatan motor listrik di bagian bawah motor memberikan keuntungan tersendiri pada E01 ini.

"Kami menyimpan mesin di bagian bawah belakang motor, sehingga bisa memberikan bagasi ruang yang lebih besar. Ini takkan Anda temui pada motor dengan mesin konvensional," ujar Maruo kembali.

Bagasi dari Yamaha E01 ini juga terhitung cukup besar karena bisa menampung sebuah helm didalamnya dengan kepasitas 23 liter.

Satu kali pengecasan dari Yamaha E01 juga takkan berlangsung lama. Jika menggunakan fast charging yang ada di diler Yamaha, maka 0-90 persen bisa dicapai hanya dalam waktu 1 jam saja.

Tetapi jika menggunakan charger normal dengan daya 200-240v bisa memakan waktu 5 jam agar motor ini terisi penuh. Sedangkan yang paling lama adalah menggunakan charger portable di mana Yamaha E01 akan memakan waktu 14 jam agar tenaga terisi penuh.

Untuk fiturnya, motor Nmax Listrik Yamaha E01 ini memiliki cukup banyak teknologi canggih.

Di antaranya, motor ini bisa dikendarai dengan tiga mode berkendara yakni power, standard, dan eco. Selain itu, Yamaha E01 juga bisa dipakai mundur karena tersedia mode bernama reverse mode.

Karena tak memiliki mesin dan tak bisa menggunakan engine brakes, maka pengereman dari Yamaha E01 diganti oleh Regenerative Brakes. Selain itu, motor listrik ini juga sudah dilengkapi dengan fitur traction control system (TCS) yang mengontrol traksi di roda belakang.

Dengan teknologi secanggih ini, para konsumen masih harus bersabar sebelum membawa Yamaha E01 pulang ke rumah.

Pasalnya seperti dijelaskan di awal, Yamaha E01 ini belum dijual untuk umum dan masih merupakan motor konsep untuk mengetes pangsa pasar Yamaha pada konsumennya terkait penggunaan motor listrik.

"Ini kami lakukan demi mencapai kesenangan berkendara yang hanya bisa dicapai oleh penggunaan motor listrik dari Yamaha saja," ucap Maruo menutup penjelasannya.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow