Ribuan Kawasaki KLX 230 harus masuk bengkel, Padahal Baru meluncur di Indonesia

Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja meluncurkan motor dual purpose atau biasa disebut sebagai motor trail, KLX 230. Sayangnya model tersebut belakangan harus ditarik atau recall oleh Kawasaki karena adanya permasalahan pada sepeda motor produksinya.

Ribuan Kawasaki KLX 230 harus masuk bengkel, Padahal Baru meluncur di Indonesia

YMEDIA - Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja meluncurkan motor dual purpose atau biasa disebut sebagai motor trail, KLX 230. Sayangnya model tersebut belakangan harus ditarik atau recall oleh Kawasaki karena adanya permasalahan pada sepeda motor produksinya.

Berdasarkan laporan dari lembaga keselamatan dan keamaanan jalan raya (NHTSA) Amerika Serikat, diketahui jika model Kawasaki KLX 230 mengalami masalah pada perangkat pengereman, yang dinilai berdampak pada risiko kecelakaan bagi pengendaranya.

Dari laporan resmi NHTSA, Kawaski KLX 230 menggunakan cakram rem yang tidak sesuai dengan kapasitas mesin motor sehingga bisa terjadi system pengereman yang tidak maksimal. Diameter cakram diperkirakan lebih kecil dari kapasitas mesin yang digunakan pada KLX 230.

Akibat masalah ini, sebanyak 1.923 unit KLX 230 yang telah dipasarkan harus ditarik kembali ke bengkel resmi untuk dilakukan penggantian sesuai dengan regulasi keamanan yang telah ditetapkan NHTSA.

Baca Juga : Semarak Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race, Momen bLU cRU Jadi Magnet Kemeriahan

Dalam hal ini, menurut catatan Kawasaki, cakram rem depan untuk pasar yang berbeda mungkin salah dipasang pada beberapa sepeda. Sepeda yang terpengaruh diproduksi antara 17 Juni 2019 dan 17 Februari 2022, dengan VIN mulai dari MH4LXCA13LJP00012 hingga MH4LXCA10MJP00955 dan dari MH4LXCG19NJP00042 hingga MH4LXCG14NJP01096.

Kawasaki sendiri telah mengumumkan akan bertanggung jawab dan melakukan penyesuaian regulasi yang telah ditetapkan dengan cara akan melakukan penggantian cakram Kawasaki KLX 230. Selain itu penggantian kampas rem yang sesuai juga akan dilakukan.

Pemilik motor yang mengalami masalah dan masuk dalam daftar recall, diharuskan melakukan registrasi untuk penyesuaian data dari produksi sepeda motor yang telah ditentukan Kawasaki. Mengingat tidak semua model mengalami kendala yang telah diungkap NHTSA.

Di Indonesia, Kawasaki KLX 230SM memiliki tiga fitur utama yang ditawarkan motor trail ini, yaitu tenaga yang lebih stabil, rugged chassis dan high-performance capability. Model terbaru ini memiliki tampilan khas Low Down Seat, atau jok yang didesain rendah dan berbeda daripada tipe-tipe sebelumnya.

Jantung teknisnya menggendong transmisi enam percepatan. Dibekali silinder tunggal dengan dual katup, membuat motor itu mampu menghasilkan tenaga 18,7 dk, serta torsi maksimum 19,8 Nm.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow